Kisah 5 Monyet

Sekumpulan ilmuwan melakukan sebuah eksperimen. Mereka menempatkan 5 ekor monyet didalam kandang, ditengah kandang tersebut ada sebuah tangga yang diatasnya terdapat serumpun pisang. Setiap saat monyet mencoba untuk menaiki tangga dan mengambil pisangnya, mereka disiram oleh air dingin. Selang waktu berlalu, ketika ada monyet yang mencoba untuk melakukan hal itu lagi, monyet yang lain akan memukulinya. Pada akhirnya, tidak ada monyet yang berani menaiki tangga tersebut.

Para ilmuwan itu lalu memutuskan untuk mengganti salah satu monyet didalam kandang tersebut dengan monyet yang baru. Hal yang pertama kali dilakukan monyet baru itu adalah mencoba untuk menaiki tangga tersebut, langsung saja, monyet yang lainnya mulai memukulinya. Setelah dipukuli beberapa kali, monyet baru itu akhirnya belajar untuk tidak menaiki tangga itu meskipun dia tidak tahu kenapa.

Monyet kedua diganti, dan hal yang sama terus terjadi. Monyet ketiga, monyet keempat, hal yang sama terus terulang lagi. Jika berani menaiki tangga tersebut, dia akan dipukuli oleh monyet lainnya. Hingga pada akhirnya monyet kelima diganti.

Apa yang tersisa di kandang adalah 5 ekor monyet yang meskipun belum pernah merasakan disiram air dingin, mereka terus memukuli siapa saja yang berani menaiki tangga tersebut tanpa tahu kenapa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s